Samarinda (sumber Tribun Kaltim )
Lagi, Pemkot Bangun Lima Polder

Dok

Salah Satu Pengerjaan Folder Air di Samarinda

Jumat, 8 Mei 2009 | 23:16 WITA

SAMARINDA, – Pemkot Samarinda kembali merencanakan untuk membangun polder dalam menanggalungi masalah banjir yang kerap melanda sebagian wilayah di Samarinda. Ada lima polder yang telah direncanakan itu, dengan prioritas pembangunan di kawasan Samarinda Ulu dan Utara.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkot Samarinda, Zulfakar mengatakan, rencana itu sebenarnya telah lama dimatangkan dan terakhir pada saat Rapat Koordinasi (Rakor) terbatas yang dipimpin langsung Walikota Samarinda Achmad Amins, Kamis (7/5).

“Lokasinya pun sudah kami siapkan, dan sudah dikoordinasikan dengan dua Camat setempat untuk menindaklanjuti rencana ini, sebagai upaya dan perjuangan kami dalam menanggulangi masalah banjir di Samarinda,” kata Zulfakar.

Disebutkannya, dari dua kecamatan tersebut, wilayah-wilayahnya adalah di Kecamatan Samarinda Utara di Damanhuri, Gunung Cermin, Gunung Lingai dan Bengkuring, sedangkan Kecamatan Samarinda Ulu akan dibangun di Jl Pangeran Suryanata.

“Dari pembahasan kemarin, kami proyeksikan untuk Polder di Gunung Lingai dan Jl Pangeran Suryanata menggunakan dana dari APBN. Sementara ini sudah kami usulkan ke Pusat, sehingga realiasinya akan segera terlaksana dengan secepatnya,” ujarnya.

Dan dikatakannya, Pemkot sendiri sudah mempersiapkan dana dari APBD Kota Samarinda sebesar Rp 150 miliar khusus untuk pembebasan lahannya.

“Insya Allah jika tak ada halangan, 2009 ini sudah mulai pembebasan lahannya dari kelima wilayah yang telah kami tetapkan membangun Polder tersebut. Paling tidak satu atau dua Polder sudah bisa diselesaikan 2010 nanti, sehingga persoalan banjir bisa diminimalisasi ke depannya,” ujarnya dengan tegas.

Selain itu ditambahkannya, Pemkot juga akan mengkoordinasikannya dengan Pemprov untuk mendapatkan subsidi, sebab sinergisitas antara Pemkot dan Pemprov sangat diperlukan untuk menyelesaikan banjir itu.

“Ya sinergilah karena kalau Pemkot sendiri sangat tidak mungkin bisa membangunnya sendiri. Dan Pemprov khususnya pak Gubernur kami pikir sudah komitmen untuk bersama-sama menuntaskan masalah banjir ini di Samarinda,” katanya.

Dan dia berharap, dengan semua bisa terlaksana nantinya, paling tidak dalam jangka dua hingga tiga tahun ke depan, kelima Polder itu sudah terbangun. “Kita coba dalam waktu dekat ini untuk merencanakan masalah teknisnya,” tambahnya. (aid)

Rencana Lima Polder:

  1. Kecamatan Samarinda Utara: Damanhuri, Gunung Cermin, Gunung Lingai dan Bengkuring
  2. Kecamatan Samarinda Ulu: Jl Pangeran Suryanata. (aid)

Leave a Reply