Rabu, 8 April 2009
5 Atlet Kaltim Berlaga
Kejuaraan Gulat Asia di Pattaya

SAMARINDA. Dominasi atlet Kaltim selama ini di beberapa kejuaraan tingkat nasional dan internasional, membuat Pengurus Besar Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PB PGSI) memberikan kepercayaan pada gladiator Benua Etam, tampil pada Kejuaraan Gulat Asia di Pattaya, Thailand pada 28 April hingga 8 Mei mendatang.

Empat pegulat Kaltim masing-masing Misnadin di kelas 55 Kg dan Rustang (66 Kg) akan tampil di nomor Grego Roman, sementara Ardiansyah (66 Kg) dan Dian Putri (45 Kg), bakal turun di gaya Bebas. Satu atlet Kaltim lainnya yaitu Dewi Ulfa (45 Kg), berangkat ke Pattaya lewat Program Atlet Andalan (PAL), yang saat ini berjalan di Jakarta. Tak hanya atlet, satu pelatih Kaltim yaitu Buyamin dipastikan menjadi pelatih untuk empat pegulat Kaltim tersebut.

Buyamin sendiri saat dikonfirmasi harian ini mengatakan, pemberitahuan pemanggilan pegulat Kaltim ini terkesan mendadak.

“Kami tahu ada kejuaraan Asia di Thailand untuk beberapa cabang olahraga. Tetapi yang kami tahu gulat tak dipertandingkan. Tenyata perubahan terjadi saat ini mungkin karena ada keinginan dari beberapa negara Asia yang menjadikan gulat sebagai olahraga andalan,” katanya.

Diakuinya, saat ini pegulat Kaltim yang dipanggil mengikuti kejuaraan tersebut lebih banyak latihan fisik, tidak di matras. Hal ini jelas menuntut kerja keras dalam latihan agar bisa mengejar hasil bagus di Thailand. Apalagi Misnadin, Rustang dan Dian Putri harus menurunkan berat badan untuk tampil di kelas yang dipertandingkan.

“Kalau dalam waktu seperti saat ini harus menurunkan berat badan dan bertanding di kejuaraan level Asia, jelas akan membawa pengaruh pada atlet bersangkutan. Tetapi hal tersebut bukan alasan untuk tampil apa adanya, saya akan menjalankan program latihan agar pegulat Kaltim bisa tampil maksimal,” terangnya.

Di level Asia, beberapa negara seperti Iran, Korea serta negara-negara pecahan Rusia seperti Uzbekistan dan Kazakhstan, juga menjadi negara tangguh di gulat.

“Kalau bicara target saya tak berani katakan. Yang jelas saya ingin semua pegulat tampil maksimal di setiap babak, karena itu jauh lebih penting ketimbang memikirkan target,” imbuhnya. (upi) (sumber sapos kaltim)

[ Kembali ] [ Atas ]

AllAny
Olahraga

Leave a Reply