Saat PON XVI di Palembang di arena gulat by johan amin

Saat PON XVI di Palembang di arena gulat by johan amin

pelepasan-atlit-pon-xvii-kaltim di Kantor Gubernur  juli 2008

pelepasan-atlit-pon-xvii-kaltim di Kantor Gubernur juli 2008

160 Atlet di Kaltim Program KONI Pusat Pelatnas di 5 Daerah

Jumat ,23 januari 2009
SAMARINDA. KONI Pusat akhirnya memberikan kesempatan kepada Kaltim sebagai salah satu daerah pelaksana Pelatihan Nasional (Pelatnas) atlet Indonesia, persiapan menuju SEA Games 2009 di Laos Desember nanti. Kaltim tak sendiri, sebab ada 4 daerah lain dipercaya menjadi tuan rumah Pelatnas yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Selatan.
Ketua Pembinaan dan Prestasi KONI Kaltim Drs H Ego Aifin Msi kepada harian ini
kemarinmenjelaskan, Kaltim kebagian olahraga bela diri dan menembak. “Silat, karate, wushu, tinju, taekwondo, gulat dan judo akan dilaksanakan di Samarinda. Sementara menembak di Balikpapan. Dari sejumlah cabor tersebut, tercatat 160 atlet akan berada di Bumi Etam selama persiapan Pelatnas. Jumlah tersebut diluar jumlah pelatih,” kata Ego. Dipilihnya Samarinda tepatnya Komplek Stadion Madya Sempaja untuk Pelatnas yang akan dimulakan Februari nanti, dikatakan Ego berdasarkan beberapa alasan. Salah satunya adalah suasana latihan dan situasi Kota Tepian yang dinilai bagus untuk meningkatkan kemampuan atlet. “Selain itu fasilitas latihannya juga sangat memadai atau memenuhi standar nasional. Sementara venues menembak di Balikpapan adalah merupakan terbaik di Asia Tenggara dan nomor tiga di Asia. Jadi saya pikir wajar kalau Balikpapan dipilih menjadi tempat Pelatnas menembak,” kata Ego. Dijelaskan Ego, Pelatnas menuju SEA Games ini dibagi dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama dilaksanakan selama 3 bulan sejak Februari. Kemudian atlet akan dievaluasi dengan menerjunkan atlet ke kejuaraan tingkat internasional untuk kemudian dilihat perkembangannya. “Jumlahnya cabor bisa bertambah kalau hasil Pelatnas di Kaltim bagus,” tambahnya lagi.
Disinggung soal anggaran yang sempat diributkan sebelum Pelatnas diputuskan di Kaltim, Ego memaparkan kalau anggaran ditanggung KONI Pusat. “Kita hanya sebagai penyedia sarana dan hanya mempersiapkan akomodasi, konsumsi, dokter serta transportasi lokal,” tambahnya. Pada Pelatnas nanti, masyarakat Kaltim boleh berbangga karena 30 persen dari 160 atlet berasal dari Benua Etam. “Mungkin ini salah satu dasar kenapa Kaltim dipilih tuan rumah Pelatnas untuk cabang bela diri dan menembak,” tegasnya. (upi)

Sumber : http://www.sapos.co.id

Leave a Reply