Belum ada sebab pasti mengapa dapat terjadi pembengkakan kelenjar prostat. Sebagian menyatakan karena proses penuaan. Ada dua faktor yang dianggap bertanggung jawab yaitu hormone dihidrotestoteron dan zat prostaglandin. Dihidrotestoteron merupakan hasil turunan dari hormone testoteron pada laki-laki.

Hal berikut yang dapat Anda lakukan sediri untuk mengurangi gejala:
• Hindari pola hidup tidak sehat seperti hindari konsumsi alcohol secara berlebihan
• Sering-sering berendam dalam air hangat.
• Usahakan buang air besar dan hubungan seksual secara teratur

Ini boleh dicoba, biji labu merah (saw palmentto). Biji buah yang sering dibuat kuaci ini banyak mengandung asam amino seperti alanina, glisina, dan asam glutamate yang penting bagi terpeliharanya kelenjar prostat. Selain itu, kandungan mineral seng dan magnesium memiliki perananan sangat penting dalam menjaga kesehatan organ reproduksi termasuk prostat Anda.

Namun hal paling utama yang membuat biji buah ini sangat bermanfaat adalah karena kandungan hormone beta-sitosterol. Hormon inilah yang berfungsi mencegah terbentuknya hormone dehidrotestoteron serta menghambat pembentukan prostaglandin. Seperti yang telah disebutkan diatas, kedua komponen ini yang paling dianggap bertanggung jawab atas pembengkakan kelenjar prostat.

Salah satu sumber mengatakan, 90% pasien akan mengalami penyembuhan total dari penyakitnya dan 5 sampai 10% akan mengalami kejadian sumbatan berulang pada 5 tahun berikutnya. Hasil yang cukup memuaskan, walaupun demikian tindakan pencegahan sangat perlu Anda lakukan.

Leave a Reply