Havermut Pengganti Nasi

JAKARTA , KOMPAS.COM – Para ahli gizi banyak yang merekomendasikan konsumsi makanari berserat tinggi untuk mempertahankan stamina tubuh selama berpuasa. Alasannya makanan yang mengandung serat tinggi akan dapat menyediakan energi lebih lama dibanding makanan berserat rendah, seperti nasi.
Dari sekian banyak makanan berserat tinggi, salah satu yang terbaik adalah havermut atau oat (Avena sativa L). Havermut dalam bentuk bubuk untuk dimasak menjadi bubur sangat mudah diperoleh di supermarket. Umumnya havermut dikonsumsi sebagai bubur untuk sarapan pagi atau sebagai satu-satunya sumber gizi bagi manula.
Sudah banyak bukti ilmiah dan empiris yang mendukung khasiat havermut untuk mengatasi penyakit-penyakit degeneratif seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Rahasia di balik khasiatnya adalah kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama avenantramida dan karbohidrat kompleks dalam bentuk beta-glukan.
Cobalah ganti porsi nasi Anda waktu sahur dengan bubur havermut, Anda akan merasa lebih fit sepanjang hari. Sangat cocok untuk penderita diabetes. (Warta Kota/ito/berbagai sumber)

Leave a Reply